Wednesday 12 April 2017

“Say Good Bye” Untuk Windows Vista

Hari gini siapa hayoo yang masih pake Windows Vista? Itu loohh Sistem Operasi yang keluar setelah Windows XP dan merupakan generasi sebelum Windows 7. Kira-kira ya keluar tahun 2007 lah. Meskipun dalam perkembangannya tidak terlalu dikenal orang tapi Sistem Operasi ini sangat penting karena merupakan Sistem Operasi Peralihan dari Windows XP ke Windows 7.

“Say Good Bye” Untuk Windows Vista

“Say Good Bye” Untuk Windows Vista


Penerus XP yang gagal

Ketika dirilis sekitar 10 tahun lalu, atau pada 2007, Vista sebenarnya digadang-gadang sebagai penerus Windows XP. Tetapi apa daya, popularitas XP tak terkalahkan karena Vista menyimpan banyak bug pada fitur-fiturnya.

Vista dikecam karena kinerjanya lambat, memiliki banyak lubang keamanan, dan fitur proteksi memori yang tidak seperti yang diharapkan. Selain itu, saat dirilis, banyak perangkat PC yang belum bisa menjalankannya secara efisien.

Pasar pun bereaksi negatif. Pabrikan PC AS, Dell mengumumkan akan kembali menggunakan OS Windows XP (pre-installed) di komputer-komputer barunya yang dikapalkan.

Kemudian pada akhir 2008, Microsoft terpaksa harus menunda rencana penghentian pengiriman PC dengan Windows XP sekitar enam bulan, akibat belum siapnya pasar dengan Vista.

Microsoft kemudian membuat rencana cadangan dengan merilis Windows 7 pada akhir 2009, dua tahun setelah Vista dirilis.
Walau masih memiliki beberapa kekurangan, Windows 7 dianggap penerus XP yang sukses dan masih banyak dipakai hingga kini.

Microsoft Membuang Windows Vista

Nah kita kembali ke masa ini setelah jalan-jalan ke masa lalu. Tepat pada tanggal 11 April 2017, bersamaan dengan rilisnya Windows 10 Creator Update. Pihak Microsoft ternyata juga mengucapkan selamat tinggal kepada Windows Vista. Setelah beberapa tahun yang lalu Microsoft mulai meninggalkan Windows XP kini mereka juga mengumumkan bahwa semua dukungan untuk Windows vista juga diberhentikan terhitung sejak diumum itu.

"Microsoft sudah mendukung Windows Vista selama 10 tahun, tapi sudah waktunya, bersama mitra kami, berinvestasi ke teknologi terbaru agar kami bisa memberikan pengalaman hebat baru," terang Microsoft dari laman resminya, Jumat (17/3).

Dengan keputusan tersebut, itu artinya pengguna Windows Vista tak akan lagi menerima pembaharuan apa pun dari Microsoft. Sebut saja aplikasi keamanan dan non-keamanan, serta opsi dukungan teknis berbayar atau gratis.

Pengguna Vista juga tak bisa lagi melakukan update konten teknis secara online dari Microsoft. Akan tetapi, Microsoft memastikan pengguna Vista masih bisa mengoperasikan komputernya meski menurut mereka hal itu akan mengundang kerentanan.

Windows Vista pertama kali mengudara ke publik pada tanggal 30 Januari 2007. Vista dinilai banyak kalangan sebagai salah satu sistem operasi yang paling mengecewakan dari Microsoft.

Microsoft sejatinya telah menghentikan sebagian besar update ke Vista sejak 2012. Namun baru April 2017 akhirnya mereka benar-benar "membuang" Vista.

Microsoft memperingatkan bagi mereka yang masih menggunakan Vista, komputer mereka akan jauh lebih rawan dengan virus. Ini disebabkan oleh tiadanya update untuk aplikasi Microsoft Security Essentials.

Generasi Penerus

Sebagai gantinya, raksasa teknologi yang didirikan Bill Gates ini menganjurkan pengguna Windows Vista beralih ke Windows 10.

Setidaknya ada dua cara yang dianjurkan oleh Microsoft untuk beralih ke Windows 10 dari Vista yaitu upgrade sistem operasi dan membeli komputer baru.

Untuk upgrade, pengguna Vista perlu memperhatikan sejumlah spesifikasi yang harus ada di komputer yang ingin memakai OS Windows 10.

Selain itu, Microsoft juga menyediakan alat bantuan bernama PCmover Express. Alat ini berguna untuk memindahkan berkas, folder, dan data lainnya yang dimiliki pengguna komputer Vista ke komputer terbaru.

Artikel Terkait

“Say Good Bye” Untuk Windows Vista
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Coretan Disqus

close
close