Wednesday 12 April 2017

Windows 10 Update Lagi? Parah Banget Perubahan Fiturnya

Windows 10 Creator Update Parah Banget

Windows 10 Update Lagi? Parah Banget Perubahan Fiturnya

 

Hari gini siapa sih yang tidak tau product dari Microsoft itu? Itu loo perusahaan ternama di dunia. Yaps yaitu ‘Windows 10 Creator Update’ yang resmi di rilis melalui servernya pada tanggal 5 April 2017 dan resmi melalui ‘Windows Update’ pada 11 April 2017 kemarin.

Pihak Microsoft tak tanggung-tanggung untuk memberikan perubahan kali ini, setelah sekian lama melakukan update kecil, bisa dibilang update besar Windows 10 sudah dilakukan 2 kali semenjak Rilis Perdana, yaitu melalui Windows 10 Anniversary Update atau Windows 10 Redstone 1 dan Windows 10 Creator Update atau Windows 10 Redstone 2.

Nah penasaran apa saja perubahannya? Ini dia simak ulasan berikut:

Panduan Cortana

Jika kita baru melakukan clean install atau membeli perangkat berbasis Windows 10 yang dilengkapi Creator Update, maka dalam panduan instalasi Cortana akan memandu kita untuk melakukan tahap instalasi Windows 10 sampai selesai dengan memberikan perintah & mendengarkan panduan dari mic dan speaker.

Keren bukan? Tapi kita masih bisa melakukan instalasi dengan melalui keyboard dan mouse sebagai cara yang lebih 'Tradisional' dan familiar.


Game Mode

Kabar gembira bagi para PC gamers nih. Dalam update ini juga telah dilakukan improvisasi untuk pengoptimalisasi kinerja CPU dan GPU saat menjalankan Xbox App untuk bermain game. Jadi bila kita menjalankan sebuah game bisa didapatkan kinerja maksimalnya di Windows 10.


Picture-in-Picture

Fitur ini bisa kita kenal dengan sebutan yang lebih familiar, 'Multitasking', meski Windows sendiri sudah mendukung multitasking, namun fitur ini dirancang untuk App built-in yang ada di Windows App. Contohnya kita bisa menonton video dengan app Movies & TV dengan ukuran jendela yang diminimize dipojok kanan atas sementara melakukan hal yang lain. Fitur ini juga ditujukan untuk perluasan dukungan project Universal Windows App, namun baru sebagian kecil App yang mendukung fitur Picture-in-Picture.


Night Light

Ini nih fitur yang pertama kali dalam sejarah yaitu Night Light. Night Light akan membantu kita agar lebih nyaman melihat layar PC / Laptop dengan cara meredupkan kontras warna biru setelah waktu matahari terbenam atau waktu tertentu di malam hari.

Bagi yang sudah nyoba fitur ini boleh nih corat coret di kolom komentar ya.


Dynamic Lock

Ini adalah fitur penguncian otomatis di Windows 10 saat pengguna sedang tidak ada di tempat / pergi meninggalkan perangkatnya. Juga bisa dipasangkan dengan perangkat wearable atau mobile via Bluetooth, dan Windows akan mendeteksi jika koneksi perangkat terlalu jauh, maka Windows akan terkunci otomatis.


Paint 3D

Paint adalah software yang bisa kita temui di semua perangkat Windows, namun Paint 3D adalah App built-in khusus untuk Windows 10 Creator Update. Dirancang untuk mendesain & mengedit gambar / sketsa objek 3D.

App ini dirancang agar lebih ramah untuk pengguna, sebab kita bisa menggunakan stylus seperti ‘Surface Pen’ untuk menciptakan karya 3D. Setelah dibuat dan disimpan, kita bisa membagikan konten 3D kreasi kita ke komunitas seperti Remix3D, atau langsung menggunakannya ke HoloLens atau headset Windows Mixed Reality


Inking di Windows Photo

Sekarang kita bisa melakukan inking di dalam App Windows Photo agar bisa membagikan gambar yang kita inginkan melalui via e-mail atau media sosial. Sayangnya dukungan inking ini belum cukup luas, bahkan kita tidak bisa dengan mudah melakukannya dengan app e-mail langsung.


Performa Windows Hello lebih cepat

Microsoft melakukan improvisasi performa Windows Hello agar melakukan scan wajah untuk proses identifikasi admin agar lebih cepat melakukan login ke perangkat.


Improvisasi Edge Browser

Microsoft sudah melakukan sejumlah perbaikan pada aplikasi browser bawaan Windows 10: Edge Browser. Seperti fitur baru pengelompokan multi-tab agar bisa digunakan lagi untuk nanti. Fitur ini cocok untuk pengguna berat multi-tab, namun untuk pengguna biasa, mungkin fitur ini akan membingungkan mereka.


Kontrol Update & Privasi yang lebih baik

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa sistem update Windows 10 selama ini "menyusahkan" pengguna yang ingin bisa mengatur jadwal update sesuai yang mereka inginkan. Sekarang dengan pembaharuan ini, kita bisa mengatur jadwal update Windows 10 agar bisa dipause setiap 18jam sehari atau selama seminggu penuh.

Juga perubahan kontrol privasi yang sebelumnya agak mengganggu pengguna, Microsoft melakukan improvisasi agar data info pengguna secara anonymous saat memberikan feedback lebih terlindungi secara transparan.


Kesimpulan

Secara garis besar, menurut saya sih Windows 10 Creator Update tidak memberikan penambahan jumlah fitur yang se"wow" Anniversary Update, namun tetap bisa memberikan kenyamanan dan keamanan lebih untuk para pengguna setia Windows.

Dari sini mungkin kelihatan bahwa Microsoft memang sangat serius untuk terus meningkatkan performa Windows 10 yang katanya akan menjadi Windows terbaik dalam sejarah berdirinya Microsoft.

Sekian yang dapat saya sampaikan. Semoga Artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan informasi seputar Sistem Operasi Windows 10 Creator Update yang sehari-hari Anda pakai.

Sebagai penutup saya katakan:
Ingat..!! Pakai Lisensi Resmi Loh Ya  😊

Artikel Terkait

Windows 10 Update Lagi? Parah Banget Perubahan Fiturnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Coretan Disqus

close
close