Thursday 30 March 2017

11 Tips Jitu Memilih Mobil Keluarga Sesuai Kebutuhan

Tips Cermat Memilih Mobil Keluarga

11 Tips Jitu Memilih Mobil Keluarga

Memiliki sebuah mobil keluarga adalah dambaan dan impian dari setiap keluarga. Mobil keluarga atau sering kali disebut juga dengan istilah mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) masih mendominasi pilihan masyarakat di Indonesia hingga saat ini, hal ini dibuktikan dengan penjualan jenis mobil ini pun semakin bertambah setiap tahunnya. Kapasitas menampung penumpang yang banyak seringkali menjadi salah satu alasan untuk memilih, selain itu juga ukuran ruang kabin yang lebih luas membuat mobil jenis ini lebih fungsional untuk menemani berbagai kegiatan dan lebih memanjakan penggunanya.

Pasar mobil keluarga sangat terbuka khususnya di Indonesia, sehingga banyak produsen yang menawarkan berbagai varian mobil untuk sektor kendaraan keluarga. Maka tidak heran apabila para pabrikan otomotif pembuat mobil selalu melakukan inovasi dan juga gencar menciptakan mobil keluarga yang menarik untuk dipilih, mereka juga biasanya berlomba menawarkan berbagai kelebihan baik itu dari segi harga, model maupun fitur-fitur modern agar bisa menyandang predikat mobil keluarga terbaik dan paling penting bisa mendatangkan lebih banyak calon konsumen.

Banyaknya merk, jenis, ukuran, dan model mobil keluarga yang ada di pasaran membuat konsumen memiliki lebih banyak pilihan. Tidak jarang pula dengan semakin banyaknya pilihan, akan membuat pihak konsumen kesulitan dalam memilih mobil yang tepat dan juga sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Karena hal seperti ini tentunya harus dipikirkan secara cermat juga perlu pertimbangan secara matang dalam memutuskannya. Beda halnya apabila kita dihadapkan dengan membeli sebuah kebutuhan yang memiliki sifat tidak tetap maka barang tentu tidak di perlukan pemikiran yang sulit.

Lalu, bagaimana cara memilih mobil keluarga yang sesuai untuk kebutuhan keluarga Anda? Jika Anda ingin membeli mobil keluarga dan masih ragu atau belum menjatuhkan pilihan pada mobil yang ingin Anda pilih, alangkah lebih baiknya apabila pertimbangkan beberapa saran dan tips berikut ini sebelum memutuskan membeli sebuah mobil.

1. Perhitungkan Jumlah Penumpang 

 
Jumlah tempat duduk atau seat dalam sebuah mobil adalah pertimbangan paling utama dalam memilih sebuah mobil keluarga. Mobil keluarga juga harus mampu dan memiliki kemampuan untuk menampung semua anggota keluarga. Hal lainnya Pertimbangkan juga tempat duduk tambahan misalnya untuk pengasuh dan pembantu jika anda harus mengajak mereka ikut serta saat bepergian dengan keluarga. Sebagai pedoman dasar yang harus Anda pahami, biasanya mobil dengan memiliki 4 tempat duduk cocok untuk keluarga dengan maksimal dua orang anak. Apabila mobil dengan 7 tempat duduk cocok untuk keluarga dengan 2 orang atau bahkan lebih banyak anak.

2. Tentukan Kapasitas Mesin Mobil

 
Hal kedua yang harus Anda perhatikan adalah menentukan kapasitas sebuah mesin. Kapasitas mesin biasanya dinyatakan dalam besaran volume silinder piston mesin misalnya saja 1000 cc, 1100 cc, 1300 cc, dan lain sebagainya. Semakin besar kapasitas dari suatu mesin (semakin besar angka cc) maka akan semakin besar juga tenaga yang bisa dihasilkan mobil tersebut. Tentunya selain Anda menginginkan mobil bagus, juga harus didukung dengan kemampuan berlari kencang agar lebih bisa maksimal dalam penggunanya.



3. Mempertimbangkan Sistem Transmisi

 
Pada umumnya ada dua jenis sistem transmisi pada mobil, yaitu transmisi manual dan juga transmisi otomatis. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memilih mobil berjenis matik yang sedikit lebih mahal tetapi lebih mudah untuk dioperasikan, atau memilih mobil dengan transmisi manual yang lebih murah dan mudah perawatannya. Maka dengan begitu Anda akan memahami mobil jenis apa yang saat ini paling dibutuhkan, dan pastinya disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

4. Ketahui Konsumsi Bahan Bakar

 
Biaya bahan bakar merupakan salah satu pos pengeluaran utama dalam anggaran biaya operasional sebuah mobil. Langkah untuk menekan biaya tersebut dengan cara mengetahui berapa kilometer jarak tempuh optimal sebuah mobil dalam setiap liter konsumsi bahan bakar. Semakin jauh jarak tempuh mobil per liter bahan bakar yang dikonsumsinya maka akan semakin irit mobil tersebut. Sehingga setelah mengetahui hal ini Anda akan lebih mudah untuk mengendalikan biaya yang dibutuhkan oleh sebuah mobil.

5. Perhatikan Fitur Keselamatan

 
Hal paling penting dalam sebuah mobil keluarga sebaiknya memiliki fitur-fitur keselamatan yang memadai. Seperti Seat belt (sabuk pengaman) sebaiknya terdapat pada semua tempat duduk penumpang, juga pintu dan kaca jendela sebaiknya memiliki sistem penguncian otomatis sehingga akan lebih aman bagi anak kecil. Kenyataannya beberapa mobil saat ini telah memiliki fitur keamanan yang lebih canggih yaitu berupa airbag dan sistem rem ABS (anti-lock breaking system). Karena komponen yang mendukung bagi keselamatan merupakan elemen yang wajib ada pada sebuah mobil.

6. Perhatikan Kenyamanan

 
Kenyamanan dari sebuah mobil memang sangat penting bagi seluruh anggota keluarga. Misalnya anak-anak dan orang lanjut usia cenderung akan lebih cepat lelah terutama ketika menempuh perjalanan jauh dengan menggunakan mobil. Mobil yang bisa disebut nyaman itu harus memenuhi beberapa hal antara lain seperti tempat duduk yang empuk, AC yang sejuk, ruang yang lega, suara yang senyap, dan suspensi yang empuk.

7. Pertimbangkan Ketersediaan Layanan Purna Jual

 
Layanan purna jual adalah jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumennya setelah transaksi penjualan dilakukan sebagai jaminan mutu untuk produk yang ditawarkannya. Ketersediaan tempat layanan purna jual akan sangat membantu dan memudahkan Anda dalam mendapatkan beberapa kelebihan seperti halnya service resmi, suku cadang asli, dan juga klaim garansi. Mobil dengan merk yang sudah lama dikenal umumnya telah memiliki lebih banyak tempat layanan purna jual di berbagai kota. Kondisi ini menjadi penting karena apabila Anda mengalami masalah dengan mobil atau terjadi sesuatu hal yang buruk, maka Anda bisa memanfaatkan berbagai kelebihan yang telah ditawarkan.

8. Perhitungkan Biaya Perawatan


Anda juga sebaiknya telah mengetahui perbandingan biaya perawatan mobil yang Anda minati dengan mobil lain yang sejenis. Pada dasarnya, semakin kompleks teknologi yang digunakan pada sebuah mobil maka akan semakin besar pula biaya perawatan dan harga dari komponen suku cadangnya. Karena pastinya Anda tidak ingin mengeluarkan biaya lebih pada fitur mobil yang jarang digunakan. Lebih baik sebelum memutuskan memilih sebuah mobil, perhitungkan terlebih dahulu biaya perawatan yang akan dikeluarkan nantinya.

9. Pertimbangkan Nilai Jual Mobil

 
Mobil-mobil dengan harga yang hampir sama bisa memiliki harga jual kembali atau harga jual bekas yang berbeda. Hal seperti ini dikarenakan terdapat perbedaan pada tingkat permintaan pasar untuk mobil bekas. Berdasarkan dalam hukum penawaran dan permintaan, maka mobil bekas yang banyak peminatnya memiliki harga jual kembali yang lebih tinggi. Oleh karena itu, ketika Anda akan memilih sebuah mobil juga harus mempertimbangkan nilai jualnya lagi, mungkin adakalanya Anda bosan, atau memaksa Anda untuk menjual mobil tersebut karena kebutuhan yang mendesak, dengan begitu Anda tidak akan kesulitan lagi dalam menjualnya.

10. Sesuaikan Keinginan dengan Kemampuan Finansial

 
Pada hakikatnya setiap orang pasti mendambakan sebuah mobil keluarga yang tepat dan ideal. Namun sebaiknya Anda ketika memilih mobil dengan harga yang sesuai kemampuan keuangan anda saat ini. Sebuah mobil mungkin bisa sebanding dengan nilai nominal sebuah rumah, padahal jika dicermati mobil pasti akan berkurang nilainya dengan seiring berjalannya waktu. Jangan sampai membeli mobil karena hanya menuruti emosi atau gengsi semata, melainkan belilah sebuah mobil yang Anda paling butuhkan juga sesuai dengan kemampuan Anda saat itu.

11. Melakukan Test Drive

 
Anda tidak bisa dengan membayangkan semua fitur yang ada pada sebuah mobil hanya dari cerita orang atau dari keterangan yang tertera di brosur. Untuk lebih memastikan sebuah mobil memenuhi kriteria yang diinginkan, Anda harus mencoba sendiri mengendarai mobil tersebut. Ajaklah anggota keluarga Anda untuk mencoba mobil yang Anda minati agar bisa memastikan mereka juga suka terhadap mobil tersebut.

Lakukan Pertimbangan Lebih Dahulu

Beberapa aspek penting diatas dapat membantu Anda dalam mempertimbangkan hal-hal yang harus dipikirkan terlebih dulu ketika akan membeli mobil keluarga, karena pastinya tidak ingin pilihan Anda jatuh kepada yang salah dan nantinya akan menimbulkan dampak buruk bagi Anda dan keluarga.

Artikel Terkait

11 Tips Jitu Memilih Mobil Keluarga Sesuai Kebutuhan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Coretan Disqus

close
close